Anggaran 71 Triliun untuk Program Makanan Gratis Mendapat Sorotan Dari Bank Dunia

- 29 Juni 2024, 21:03 WIB
Program Makan Siang Gratis Disoroti Bank Dunia
Program Makan Siang Gratis Disoroti Bank Dunia /ilustrasi-malanghits.com/

SuaraLamaholot - Bank Dunia (World Bank) memberikan sorotan terkait program makan bergizi gratis yang akan dilaksanakan di Indonesia. 

Dalam laporan bertajuk "Unleashing Indonesia's Business Potential" Bank Dunia memaparkan temuan terkait pelaksanaan program serupa yang telah dijalankan di berbagai negara.

Program ini direncanakan oleh Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, dengan alokasi anggaran sebesar Rp 71 triliun pada tahun 2025 mendatang.

Baca Juga: HUT Bhayangkara ke-78, Kapolda NTT Ajak Masyarakat Cintai Produk Lokal

Melansir dari berbagai laman pemberitaan, Bank Dunia menyatakan bahwa program Makan Bergizi Gratis (MBG) tidak efektif dalam mengatasi masalah stunting. 

Hal ini disampaikan dalam seksi khusus mengenai 'school meals' atau makan bergizi gratis untuk anak sekolah

Program ini dilaksanakan dengan beberapa tujuan, mulai dari meningkatkan kesehatan dan nutrisi anak, meningkatkan angka partisipasi dan kualitas pembelajaran di sekolah, serta berfungsi sebagai jaring pengaman sosial. 

Baca Juga: Penantian Panjang Berakhir, Tiga Desa di Kabupaten Alor Kini Dialiri Listrik

Selain itu, tujuan pelaksanaan program ini terus berkembang, termasuk memperkuat rantai pasok dan pengembangan pasar lokal serta berfungsi sebagai peredam terhadap gejolak ekonomi atau sosial.

Halaman:

Editor: Emanuel Bataona

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah