Kerja Sama Sejak Tahun 2022, BI Mencoba Terapkan Pembayaran Berbasis QR Code ke Singapura

- 17 Agustus 2023, 15:59 WIB
Bank Indonesia (BI) memulai uji coba interkoneksi pembayaran antara Indonesia dengan Singapura menggunakan QR Code .
Bank Indonesia (BI) memulai uji coba interkoneksi pembayaran antara Indonesia dengan Singapura menggunakan QR Code . /Depok-Pikiran Rakyat/

Suara Lamaholot.com - Bank Indonesia (BI) memulai uji coba interkoneksi pembayaran antara Indonesia dengan Singapura menggunakan QR Code .

Sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis 17 Agustus 2023. Uji coba ini merupakan tindak lanjut kerja sama pembayaran berbasis kode QR antar negara antara Bank Indonesia dengan Monetary Authority of Singapore yang telah diinisiasi pada tahun 2022.

“Setelah berhasil mengimplementasikan bersama industri dengan Thailand dan Malaysia, mulai hari ini kita uji coba QRIS antar negara antara Indonesia dengan Singapura,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam peluncuran fitur terbaru QRIS, berupa QRIS Tuntas atau Tarik Tunai, Transfer, dan Setor di Kantor Pusat BI, Jakarta.

Baca Juga: Masuk 20 Besar Dunia dengan Tata Kelola Pelabuhan yang Baik Persero Terus Tingkatkan Pelayanan Cegah Korupsi

Konektivitas pembayaran dengan QR Code antara Indonesia dan Singapura dinilai dapat memfasilitasi perdagangan antarnegara secara lebih efisien, terutama bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta mendorong pertumbuhan sektor pariwisata.

Uji coba ini akan melibatkan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), Network for Electronic Transfers – Singapore (NETS), dan perwakilan pelaksana jasa sistem pembayaran.

“Di Thailand sudah bisa menggunakan QRIS (sebagaimana warga Thailand ke Indonesia), orang-orang Malaysia jalan-jalan ke Indonesia juga bisa menggunakan QRIS (sebagaimana warga Indonesia ke Malaysia), itu sudah (diimplementasikan). Nah, untuk Singapura, kami sudah berdiskusi dan kami sudah mempersiapkan. Kita sepakat mulai hari ini akan uji coba dengan Singapura,” sebut Perry.

Baca Juga: 12 Ranking Zodiak Cinta Damai Hingga Zodiak Anti Damai, Yuk Ketahui Kadar Damai Anda di Urutan ke berapa ya?

Menanggapi hal itu, Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Dicky Kartikoyono mengharapkan uji coba penggunaan QR Code antara Indonesia dengan Singapura dapat meningkatkan mobilitas warga Singapura ke Batam dan Bintan di Kepulauan Riau, dan Pulau Bali.

Uji coba ini diharapkan juga memudahkan warga Indonesia yang ke Singapura dalam melakukan transaksi keuangan.

Halaman:

Editor: Yustinus Boro Huko

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah