Jelang KTT ASEAN ke-43 Indonesia Titip Dokumen Penting untuk Dibahas, Penasaran? Yuk Kita Cek Bersama

- 3 September 2023, 23:18 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa para Menteri sepakat untuk menyodorkan empat dokumen inisiatif Indonesia guna dibahas lebih lanjut oleh Kepala Negara pada KTT ke-43 ASEAN.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa para Menteri sepakat untuk menyodorkan empat dokumen inisiatif Indonesia guna dibahas lebih lanjut oleh Kepala Negara pada KTT ke-43 ASEAN. /airlangga.fanbase2024/

Suara Lamaholot.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa para Menteri sepakat untuk menyodorkan empat dokumen inisiatif Indonesia guna dibahas lebih lanjut oleh Kepala Negara pada KTT ke-43 ASEAN.

“Para Menteri sepakat untuk mendukung empat dokumen inisiatif Indonesia untuk diadopsi oleh para Kepala Negara di KTT ke-43,” terang Menko Airlangga dalam Pertemuan Ke-23 Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (AECC) di Jakarta, sebagaimana dikutip dari Antara Minggu 3 September 2023.

Dimana empat dokumen tersebut merupakan, Leader's Declaration on Strengthening Food Security and Nutrition in Response to Crisis. Lalu berikutnya Leader’s Statement to Develop the ASEAN Digital Economy Framework Agreement (DEFA), ASEAN Leader’s Declaration on ASEAN as Epicentrum of Growth ASEAN Leader’s dan yang terakhir, ASEAN Blue Economy Framework.

Baca Juga: Mendapat Dukungan Masyarakat Perbatasan, Prabowo Disematkan Pakian Adat Oleh Raja Belu

Selain itu , Menko Airlangga menerangkan bahwa dalam pertemuan antar Menteri tersebut, isu keberlanjutan juga menjadi perhatian bersama di ASEAN.

Dimana terdapat beberapa isu penting seperti Strategi Netralitas Karbon di ASEAN yang sudah disepakati dan untuk itu di masing-masing negara perlu mengawal penerapannya.

Bahkan pengembangan ekosistem kendaraan listrik juga menjadi isu yang diusulkan Indonesia dan mendapat sambutan yang baik dari semua negara anggota ASEAN.

Baca Juga: Polsek Solor Gelar Pengamanan Pesta Sambut Baru

"Tadi kita sepakat bahwa ASEAN harus segera merumuskan strategi bersama untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik kawasan supaya tidak kehilangan momentum," ungkap Airlangga.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn pun mengapresiasi peran Keketuaan Indonesia yang tengah berupaya memastikan bahwa ASEAN mampu menjadi episentrum pertumbuhan di kawasan.

Halaman:

Editor: Yustinus Boro Huko

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah