Madu Kelulut Khas Kalimantan Utara, Berikan Denyut Kehidupan Bagi Masyarakat Sebagai Sumber Penghasilan

- 27 September 2023, 20:11 WIB
Masyarakat pedalaman suku Punan di Desa Long Nyau, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara) memanfaatkan sumber daya alam sekitar, salah satunya madu kelulut sebagai salah satu sumber nafkah (penghasilan).
Masyarakat pedalaman suku Punan di Desa Long Nyau, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara) memanfaatkan sumber daya alam sekitar, salah satunya madu kelulut sebagai salah satu sumber nafkah (penghasilan). /Potensi Bisnis/

 

SuaraLamaholot.com - Masyarakat pedalaman suku Punan di Desa Long Nyau, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara) memanfaatkan sumber daya alam sekitar, salah satunya madu kelulut sebagai salah satu sumber nafkah (penghasilan).

“Baru mengetahui jika lebah madu kelulut kaya manfaat dan bisa diambil madunya, bukan hanya bisa dimanfaatkan getah propolisnya,” ungkap Ketua Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Long Nyau, Kecamatan Sungai Tubu Suan Kirut di Malinau, Rabu 27 September 2023.

Hal ini diketahui sudah menjadi warisan Budaya Suku Punan, getah propolis dari dahulu kalah sudah dimanfaatkan secara turun temurun untuk penyeimbang anak sumpit.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Libra: Anda Mungkin Kasar Dalam Berkomunikasi, dan Jauhi Teman Toxic !!

Manfaat getah propolis yang oleh masyarakat setempat disebut (lanyut) dari lebah meraung. Getah yang keluar dari lubang pohon itu dibalurkan ke bagian tengah anakan sumpit.

Pemberian getah ini menjadi penyeimbang anak sumpit agar meluncur tepat sasaran ke hewan buruan. Lebah meraung merupakan lebah madu kelulut, atau yang dikenal dengan lebah Trigona Itama.

Suan Kirut mengaku baru mengetahui apabila lebah madu kelulut kaya manfaat. Bukan hanya bisa dimanfaatkan getah propolisnya, tetapi juga madunya.

Baca Juga: Miris! Saksi Mahkota Kasus Korupsi BTS 4G, Beberkan Serahkan Uang 70 Miliar Ke Komisi I DPR RI

Ternyata madu kelulut memiliki kandungan yang bermanfaat sebagai antioksidan, penyembuh luka, dan meningkatkan stamina. Madu ini biasa dijual dengan harga Rp80 ribu hingga Rp120 ribu per botol 200 mili liter (ml).

Halaman:

Editor: Yustinus Boro Huko

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah