Alami Inflasi 2,57 Persen di Januari 2024, Berikut Ini Data Lengkap BPS Penyumbang Inflasi Tahunan

- 2 Februari 2024, 15:28 WIB
BPS) menjelaskan bahwa, inflasi tahunan pada Januari 2024 yang sebesar 2,57 persen didorong oleh inflasi pada sejumlah komoditas, yakni beras, sigaret kretek mesin, bawang putih, dan tomat.
BPS) menjelaskan bahwa, inflasi tahunan pada Januari 2024 yang sebesar 2,57 persen didorong oleh inflasi pada sejumlah komoditas, yakni beras, sigaret kretek mesin, bawang putih, dan tomat. /X.com/

SuaraLamaholot.com - Badan Pusat Statistik (BPS) menjelaskan bahwa, inflasi tahunan pada Januari 2024 yang sebesar 2,57 persen didorong oleh inflasi pada sejumlah komoditas, yakni beras, sigaret kretek mesin, bawang putih, dan tomat.

Baca Juga: Ini 5 Nama Anggota KPU Terpilih Kabupaten Sikka Periode 2024-2029

“Berdasarkan kelompok pengeluaran inflasi tahunan terbesar terjadi pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 5,84 persen dan memberikan andil 1,63 persen terhadap inflasi umum,” jelas Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti dalam Rilis Perkembangan Indeks Harga Konsumen Januari 2024 di Jakarta, Kamis kemarin 1 Februari 2024.

Dia juga menjelaskan terjadi peningkatan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 102,55 pada Januari 2023 menjadi 105,19 pada Januari 2024.

Baca Juga: Gunung Lewotobi Laki-Laki di Flores Timur Kembali Erupsi Jumat 2 Febeuari 2024, PVMBG Imbau Warga Waspada

Secara sebaran wilayah, seluruh provinsi mengalami inflasi tahunan, dengan inflasi tertinggi terjadi di Papua Tengah sebesar 4,76 persen. Sementara inflasi terendah terjadi di Kepulauan Bangka Belitung dengan catatan 1,21 persen.

Berdasarkan komponen itu, inflasi terjadi pada seluruh komponen. Inflasi pada komponen inti secara tahunan terus mengalami penurunan. Adapun komoditas yang memberikan andil inflasi di antaranya emas perhiasan, gula pasir, biaya kontrak rumah, biaya sewa rumah, dan nasi dengan lauk.

Sementara itu, tekanan inflasi tahunan komponen harga diatur pemerintah lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya. Komoditas yang dominan memberikan andil inflasi adalah sigaret kretek mesin, sigaret kretek tangan, sigaret putih mesin, tarif angkutan udara, dan tarif angkutan antarkota.

Baca Juga: BPGMBGT Imbau Masyarakat di 22 Kabupaten di NTT Waspada Pergerakan Tanah, Salah Satunya Flores Timur

Sementar tekanan inflasi komponen harga bergejolak masih tinggi, di mana komoditas yang dominan memberikan andil inflasi adalah beras, bawang putih, tomat, cabai merah, dan daging ayam ras.

Halaman:

Editor: Yustinus Boro Huko

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x