BRIN dan Universitas Osaka Teliti Manfaat Konsumsi Sorgum Atasi Diabetes di Flores

- 5 April 2024, 21:32 WIB
Berikut panduan lengkap bagaimana cara budidaya tanaman sorgum mulai tahap persiapan awal hingga masa panen
Berikut panduan lengkap bagaimana cara budidaya tanaman sorgum mulai tahap persiapan awal hingga masa panen /Muhammad Faiz/

 

SuaraLamaholot - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggarap penelitian mengenai manfaat mengonsumsi sorgum terhadap penurunan prevalensi diabetes di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Kepala Pusat Riset Tanaman Pangan BRIN Yudhistira Nugraha dalam pernyataan yang dikutip di Jakarta, Jumat, 5 April 2024 mengatakan penelitian itu berkolaborasi dengan Universitas Osaka Jepang.

"Kami adakan kolaborasi dengan Universitas Osaka terkait dengan diversifikasi pangan sorgum. Intervensi itu melibatkan terkait bagaimana referensi masyarakat terhadap pangan sorgum," ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Lembata dan Baznas Salurkan Zakat Bagi Warga Tidak Mampu dan Anak Yatim

Saat ini sorgum semakin primadona dan menjadi salah satu komoditas yang bisa dijadikan alternatif untuk mengganti nasi.

Tak hanya untuk pangan, sorgum bisa dijadikan bioetanol, pakan ternak, bahkan juga bisa dijadikan pelet untuk substitusi batu bara pada pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU.

Baca Juga: Dibangun Tahun 1806, Masjid Tertua di Kupang NTT ini Jadi Simbol Pemersatu Umat Beragama

"Ada banyak sekali manfaat tanaman sorgum. Presiden Jokowi sebenarnya sudah mencanangkan sejak tahun 2020 untuk memperluas penanaman sorgum di Indonesia," kata Yudhistira.

Lebih lanjut dia mengungkapkan masih ada beberapa kendala yang membuat area tanam sorgum tak begitu luas di Indonesia, yakni offtaker dan benih.

Halaman:

Editor: Emanuel Bataona


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x