BPS Mendata Pemilu Berkontribusi Terhadap Pertumbuhan Produk Domestik Bruto di Triwulan IV

- 5 Februari 2024, 18:01 WIB
Badan Pusat Statistik mendata bahwa persiapan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendongkrak konsumsi Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) pada triwulan IV 2023.
Badan Pusat Statistik mendata bahwa persiapan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendongkrak konsumsi Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) pada triwulan IV 2023. /Foto ilustrasi/UMSU/

SuaraLamaholot.com - Badan Pusat Statistik mendata bahwa persiapan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendongkrak konsumsi Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT) sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) pada triwulan IV 2023.

“Konsumsi LNPRT di 2023 salah satunya didorong oleh aktivitas terkait persiapan pemilu,”sebut Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti pada rilis Berita Resmi Statistik di Jakarta, Senin 5 Februari 2024.

Lebih lanjut Amalia menjelaskan bahwa konsumsi LNPRT mengalami pertumbuhan tertinggi dibandingkan tahun sebelumnya (y-on-y) daripada komponen pengeluaran lainnya pada triwulan IV 2023, yakni sebesar 18,11 persen.

Baca Juga: Imbas Pembangunan IKN, BPS Mendata Pertumbuhan Ekonomi Menguat Hingga 5,43 Persen

Kegiatan persiapan pemilu yang dimaksud bukan hanya mengenai persiapan logistik, namun juga mencakup pelaksanaan berbagai rapat dan konsolidasi nasional dari berbagai pihak penyelenggara dan peserta pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Kegiatan terkait pemilu ini tentunya masih akan berlanjut di 2024 dan mendorong konsumsi LNPRT. Namun, seberapa besar pertumbuhannya, tentunya nanti akan kita ukur dalam PDB triwulan I 2024 yang hasilnya akan disampaikan pada Mei,”paparnya.

Meskipun memiliki tingkat pertumbuhan tertinggi, kontribusi konsumsi LNPRT sebesar 1,36 persen terhadap pertumbuhan PDB di triwulan IV 2023 tersebut masih lebih rendah dibandingkan komponen pengeluaran lainnya.

Baca Juga: Jadi Korban Erupsi Gunung Lewotobi, Ketua PGRI Flores Timur Beri Hiburan dan Donasi untuk Para Guru Honorer

Amalia juga menyatakan bahwa konsumsi rumah tangga Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) masih menjadi komponen penyumbang utama pertumbuhan PDB menurut pengeluaran dalam triwulan tersebut, yakni dengan kontribusi masing-masing sebesar 53,83 persen dan 30,57 persen.

Halaman:

Editor: Yustinus Boro Huko

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x